14 Fakta Bumi Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui


"Planet Bumi"


Bumi, salah satu planet dari 9 planet di tata surya, tempat berbagai macam makhluk hidup tumbuh dan berkembang seperti manusia, hewan dan tumbuhan. Tapi taukah kamu jika bumi yang kita huni dari lahir ini menyimpan beberapa fakta yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut 10 fakta menarik tentang planet bumi.

1. Planet Tercerah Diantara Planet Lain Dalam Susunan Tata Surya
Mungkin selama ini planet yang dianggap paling cerah adalah planet Venus yang berwarna kemerahan, tapi taukah kamu jika bumi dilihat dari luar angkasa akan terlihat lebih terang dikarenakan memiliki warna biru cerah.

2. Bumi Memiliki Planet Kembar
Taukah kamu dahulu sekitar 4.5 milyar tahun yang lalu, jika bumi dulunya memiliki planer kembar yang bernama Theia. Dan akibat sebuah tabrakan hebat antara kedua planet tersebut (Bumi dan Theia) maka akhirnya terbentuklah bulan yang bisa kita lihat saat ini. 

Baca juga: 30 Fakta Golongan Darah A

3. Memiliki Perbedaan Gravitasi
Taukah kamu, ada beberapa tempat di bumi memiliki perbedaan gaya grafitasi (gaya tarik bumi) diakibatkan perbedaan jarak ke inti bumi. Dengan begitu secara teknik di beberapa lokasi tertentu akan terjadi perbedaan berat (ada yang berat ada juga yang ringan), meskipun kita tidak sadar akan perbedaannya.

4. Titik Tertinggi dan Terdalam Bumi
Karena bentuk planet bumi yang tidak datar maka akan terdapat suatu titik terdalam dan tertinggi. Untuk titik tertinggi bumi berada di puncak gunung Everest dengan ketinggian 8.848 meter dan taukah kamu jika titik terdalam bumi berada di dalam palung Mariana yang terletak di Samudra Pasifik dengan kedalaman 10.924 meter.

5. Bumi Tidak Berbentuk Bulat
Banyak orang beranggapan jika planet bumi yang kita huni ini berbentuk bulat, tapi taukah kamu jika sebenarnya planet bumi berbentuk bulat pepat (oblate spheroid) berbentuk sebuah bulatan yang tertekan ceper pada orientasi kutub-kutub yang menyebabkan buncitan pada bagian khatulistiwa.

6. Lempengan Tektonik
Taukah kamu jika planet bumi merupakan satu-satunya planet dalam susunan galaksi Bima Sakti (Milkyway) yang memiliki lempengan tektonik.

7. Panas Bumi
Taukah kamu jika selain matahari sebagai penghasil energi panas alam di tata surya kita, ternyata bumi juga memiliki panas sendiri dari dalam inti bumi. Diperkirakan suhu panas pada inti bumi mencapai 5.000 - 7.000 derajat celcius atau dapat dikatakan sama seperti suhu panas di permukaan matahari.

Baca juga: 30 Fakta Golongan Darah B

8. Planet Biru
Disebut dengan planet biru dikarenakan permukaan planet bumi sebesar 71% terdiri dari perairan dan sisanya daratan, sehingga ketika astornot pertama kali melihat planet bumi dari luar angkasa akan terlihat berwarna biru.

9. Satu-satunya Planet Yang Dihuni Makhluk Hidup
Taukah kamu jika di alam semesta ini terdiri dari jutaan galaksi, dan setiap galaksi terdiri dari berjuta susunan tata surya sehingga dalam alam semesta memiliki bermilyaran planet atau lebih, tapi hanya planet Bumi yang mendukung makhluk hidup dapat bertahan hidup dan berkembang. Banyak penelitian telah dilakukan untuk mencari planet seperti bumi yang dapat dihuni.

10.  Bentuk Bumi Tidak Datar
Permukaan planet bumi jika dilihat dari luar angkasa berbentuk mulus rata, tapi taukah kamu jika planet bumi dibentangkan maka permukaannya memiliki bentuk berelief yang artinya bumi terdiri dari berbagai bentukan seperti gunung, lembah, laut, sungai dll.

11. Bumi Itu Kecil Sekali
Dibandingkan dengan ukuran matahari planet bumi memiliki ukuran yang jauh lebih kecil. Dengan perbandingan 1:109 yang artinya dalam satu diameter matahari dapat memuat 109 planet bumi didalamnya. Dan untuk masa matahari memiliki 333.000 kali dari masa bumi.

Baca juga: 6 Negara Pemegang Paspor 'Sakti' Di Dunia

12. 95% Lautan di Bumi Belum Terungkap
Besarnya permukaan lautan hingga 71% pada permukaan bumi, tetapi kenyataannya baru 5% saja lautan di seluruh bumi sudah terekplorasi. Sisa lautan di bumi sebesar 95% masih menjadi misteri. Dan taukah kamu jika cahaya matahari saja hanya dapat menembus hingga kedalaman 275 meter serta bagian air laut berwarna gelap dengan kedalaman 30 meter. Sehingga tidak sedikit area laut berwarna gelap yang masih banyak belum terekplorasi.

13. Kutub Utara dan Selatan Dapat Bertukar Tempat
Taukah kamu jika bagian Kutub Utara dan Selatan bumi dapat bertukar, hal ini dikarenakan adanya siklus alami dari bumi. Jika hal tersebut terjadi maka putaran rotasi planet bumi dapat berubah atau terbalik. Pernyataan tersebut diperkirakan sudah pernah terjadi hingga berkali-kali di masa lampau dan dapat terulang kembali di masa depan. Batuan vulkanik dapat mengungkapkan dimana keadaan tersebut diperkirakan pernah terjadi terakhir kali pada 780.000 tahun lalu.

Baca juga: 10 Burung Tercantik Di Dunia

14. Sepertiga Permukaan Bumi Adalah Gurun
Taukah kamu jika sepertiga permukaan bumi adalah gurun, gurun dalam arti kata merupakan sebuah daerah yang hanya menerima hujan yang sedikit kurang dari 250 mm pepr tahun. Antartika adalah gurun terluas di dunia dan gurun Sahara adalah gurun pasir terluas di dunia.

Belum ada Komentar untuk "14 Fakta Bumi Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel