6 Negara Jazirah Arab Terkaya Di Dunia


Di dunia ini ada sekitar 190 negara dan beberapa adalah negara Islam dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Banyak negara Islam yang saat ini berlomba-lomba menjadi negara terkaya, dengan meningkatkan kekayaan negara akan memiliki beberapa kelebihan diantaranya dapat memberantas kemiskinan penduduk dan disegani oleh negara-negara lain. Berbagai cara dapat dilakukan untuk menjadikan suatu negara memiliki kekayaan seperti mengoptimalkan sumber daya alam dan pemanfaatan sumber daya manusia. 

Cara untuk membandingkan kekayaan suatu negara dapat diukur dengan cara melakukan perbandingan standar hidup suatu negara secara keseluruhan dengan menggunakan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita. Indikator lainnya juga digunakan untuk melihat seberapa kaya suatu negara seperti biaya hidup relatif, inflasi serta nilai tukar terhadap mata uang suatu negara yang dikonversi ke mata uang bersama seperti dollar Amerika.


Selama ini kita lebih sering melihat negara-negara Eropa sebagai perbandingan kekayaan sebuah negara, tapi taukah kamu jika banyak negara Islam di dunia seperti di jazirah Arab memiliki kekayaan yang melebihi negara-negara Eropa. Negara jazirah Arab tersebut dengan baik memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusianya hingga dijuluki sebagai negara 'Petro Dollar' karena banyaknya kekayaan yang dimiliki negara tersebut. Berikut negara Islam terkaya di dunia.

1. Qatar

"Qatar"
Qatar
Negara yang berada di semenanjung Arab dan terletak di teluk Persia adalah sebuah negara kecil yang luas nya setara provinsi Banten. Qatar sendiri berbatasan wilayah darat dengan negara Arab Saudi, dengan sebagian wilayahnya adalah gurun tandus dan dahulu sebelum ditemukannya sumber minyak di Qatar pada tahun 1939 sebagian besar rakyatnya hanya mengandalkan pada gembala unta dan ternak lain, serta mencari ikan dan kerang di teluk Persia.

Sebelum ditemukan sumber minyak dibawah tanah Qatar, Qatar adalah negara yang miskin. Hingga sumber daya alam berupa minyak yang berlimpah ruah mengubah posisinya yang dari negara miskin menjadi salah satu negara Islam terkaya di dunia. Sumber kekayaan Qatar sendiri berasal dari minyak bumi yang banyak di ekspor keseluruh dunia.


Dengan mayoritas penduduk beragama Islam dan bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakan Qatar memiliki tingkat kesejahteraan yang baik dengan kebijakan yang diberikan berupa pendidikan, makanan, transportasi dan pakaian gratis, juga banyak disediakan beasiswa bagi yang ingin meneruskan kuliah di Universitas Qatar di Dhoha.

Dengan jumlah penduduk yang tidak terlalu banyak dibandingkan negara lain seperti Indonesia, jumlah penduduk Qatar yang kurang dari 2 juta jiwa dengan pendapatan per kapita mencapai $93.965 dan PDB sebesar $210.002 miliar.

2. Uni Emirat Arab (UEA)

"Uni Emirate Arab"
Uni Emirat Arab
Siapa tidak mengenal bangunan pencakar langit tertinggi di dunia saat ini yaitu Burj Khalifah yang berada di UAE. Uni Emirat Arab sendiri adalah sebuah negara federasi dari 7 emirat yang memiliki akan sumber daya alam melimpah berupa minyak bumi. 7 emirat yang bergabung dalam UAE adalah Abu Dhabi, Dubai, Ajman, Fujairah, Ras Al-Khaimah, Sharjah dan Umm Al-Qaiwain.

Sumber daya berupa minyak bumi dan gas alam yang membuat UAE menjadi negara Islam yang kaya. UAE sendiri adalah negara penghasil minyak terbesar setelah Arab Saudi dan Iran. Sama seperti Qatar, UAE yang dahulunya adalah negara miskin berubah menjadi kaya dengan taraf hidup penduduknya yang tinggi dan masuk dalam daftar negara terkaya di dunia.


Dengan jumlah populasi penduduk mencapai 9.1 juta jiwa pada tahun 2015 dan mayoritas penduduknya beragama muslim serta menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resmi. UAE sendiri memiliki pendapatan per kapita sebesar $44.770 dan PDB sebesar $440.181 miliar.

3. Kuwait

"Kuwait"
Kuwait
Negara yang berbatasan dengan Arab Saudi pada sebelah selatan dan Irak pada sebelah utara ini adalah salah satu negara terkaya di jazirah Arab. Sama seperti Qatar dan UAE dahulu Kuwait adalah negara miskin yang jarang diketahui oleh orang. Hingga akhirnya berevolusi menjadi sebuah negara modern yang kaya dan masuk dalam daftar negara terkaya di dunia.

Pada tahun 1930'an, cadangan minyak yang banyak ditemukan dibawah tanah Kuwait, sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakatnya dan merubah tingkat perekonomian negara hingga menjadikan Kuwait sebagai salah satu negara muslim terkaya di dunia. 


Negara gurun ini dihuni lebih dari 4 juta jiwa dengan rata-rata mayoritas penduduknya adalah beragama muslim, sama seperti negara muslim yang lain bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Arab. Selain bahasa Arab dibeberapa daerah juga menggunakan bahasa Inggris. Kebijakan berupa pendidikan gratis kepada masyrakatnya dan mengirimkan generasi muda nya untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri dengan menggunakan uang negara. Pendapatan per kapita Kuwait mencapai $43.103 dan PDB dengan total $172.350 miliar

4. Bahrain

"Bahrain"
Bahrain
Satu lagi negara yang terletak di teluk Persia adalah Bahrain, negara yang terpisah dari Arab Saudi dan Qatar ini merupakan kepulauan rata dan bergurun daratannya, dengan 92% daratannya adalah gurun pasir sehingga membuat penduduk Bahrain selalu waspada terhadap badai gurun yang kerap terjadi.

Kekayaan negara Bahrain didapat dari sumber daya alam berupa minyak mentah dan gas alam, Bahrain juga memiliki cadangan ikan yang berlimpah sebagai sumber daya alam lainnya. Akan tetapi sumber kekayaan Bahrain terbesar didapat dari produksi minyak.


Berdasarkan Komisi Ekonimi dan PBB Asia Tengah pada tahun 2006, Bahrain adalah negara dengan pertubuhan ekonomi tercepat. Serta menjadi pasar ekonomi paling bebas di Asia timur tengah. Dan Bahrain menduduki peringkat ke-25 sebagai ekonomi paling bebas di dunia.

Dengan jumlah penduduk yang hanya 1,3 juta jiwa dan mayoritas memeluk agama Islam (81%), Kirsten (9%) dan sisanya agama lain. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Arab serta sebagian masyarakat Bahrain yang lain menggunakan bahasa Inggris, Urdu dan Persi yang digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Pendapatan per kapita Bahrain mencapai $28.272 dan PDB sebanyak $33.862 miliar menjadikan Bahrain salah satu negara terkaya di jazirah Arab.


5. Arab Saudi

"Arab Saudi"
Arab Saudi
Pemilik dua kota suci Makkah dan Madinah yaitu Arab Saudi menjadi salah satu negara Islam terkaya di dunia. Arab Saudi yang dikenal sebagai tempat kelahiran nabi Muhammad SAW yaitu di kota Mekah. Pertumbuhan dan berkembanganya ajaran Islam berasal dari Arab Saudi. 

Dahulu Arab Saudi merupakan tempat perdangan yang terkenal terutama di kawasan Hijaz yaitu Yaman, Mekah, Madinah dan Damaskus. Sebagian besar penduduknya memiliki profesi sebagai pedagang, petani kurma serta peternak unta dan domba.


Saat ini penopang perekonomian Arab Saudi berasal dari industri di sektor minyak dan petrokimia sejak ditemukan pada tahun 1938. Pendapatan per kapita Arab Saudi sebanyak $24.454 dan PDB sebanyak $752.459 miliar dan menjadikannya sebagai slaah satu negara terkaya di timur tengah dan negara Islam terkaya di dunia.

6. Oman

"Oman"
Oman
Negara yang terletak di wilayah pesisir tenggara jazirah Arab ini berbatasan langsung dengan Arab Saudi di sebelah barat, UAE di bagian barat laut dan Yaman di bagian barat daya. 

Dahulu Oman pernah menjadi kekuatan kawasan yang moderat sampai melintasi selat Hormuz, Iran, Pakistan hingga pesisir Afrika tenggara. Oman juga memiliki kecantikan pantai hingga membuat banyak wisatawan berkunjung ke Oman untuk menikmati keindahan pantainya.


Sumber daya alam seperti minyak bumi dan gas yang menjadikan Oman sebagai negara kaya. Cadangan minyak bumi yang dimiliki oleh Oman mencapai 5.5 miliar barrel dengan total produksi per hari mencapai 800.000 barrel. Selain minyak bumi, Oman juga menjadi penghasil gas alam hingga menduduki peringka ke-28 di dunia. Pendapatan per kapita Oman mencapai $19.002 dan PDB sebanyak $77.755 miliar membuat Oman menjadi salah satu negara terkaya di jazirah Arab dan negara muslim terkaya di dunia.

Belum ada Komentar untuk "6 Negara Jazirah Arab Terkaya Di Dunia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel