10 Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil

Bagi bunda yang sedang hamil menjaga kesehatan kandungan bagi janin sangatlah penting. Salah satu cara yang penting dilakukan adalah dengan rajin mengkonsumsi makanan dan minuman sehat bagi kandungan. 

Selama masa kehamilan bunda tidak dapat mengkonsumsi segala jenis makanan, mengingat makanan yang dimakan bunda akan berpengaruh kepada kesehatan janin. Untuk itu bagi bunda yang sedang hamil haruslah banyak mengkonsumsi makanan yang sehat terutama untuk janin yang masih dalam kandungan. 

Berikut 10 makanan sehat yang dapat ibu konsumsi selama masa kehamilan:

1. Telur

Dalam telur mengandung 12 vitamin, omega-3 dan juga mengandung banyak protein yang sangat bagus untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Telur juga dapat meningkatkan perkembangan dan kesehatan otak janin.



2. Salmon

Selain telur, makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil adalah ikan salmon. Ikan salmon banyak mengandung protein dan juga omega-3. Ikan salmon juga terkenal rendah akan kandung merkuri, karena merkuri dapat mebahayakan perkembangan sistem saraf bagi janin.


3. Ubi Jalar

Ubi jalar sangat baik baik ibu hamil, dalam ubi jalan terdapat kandungan berbagai vitamin seperti vitamin A, C, asam folat dan juga serat. Warna oranye pada ubi jalar berasal dari karetonoid. Ubi jalar dapat dijadikan makanan pengganti nasi atau dapat juga dijadikan cemilan loh bunda.


4. Kacang-kacangan

Ibu hamil dianjurkan makan kacang-kacangan karena kacang kaya akan serat dan protein yang baik bagi sistem pencernaan. Pada saat hamil saluran pecernaan akan bekerja lebih lambat yang dapat menyebabkan sembelit.



5. Biji-bijian

Pada biji-bijian banyak mengandung serat dan nutrisi seperti vitamin E, selenium dan fitonutrien yang berfungsi melindungi sel-sel tubuh.


6. Walnut

Pada walnut mengandung kaya Omega-3, serat dan protein, protein sendiri bermanfaat bagi ibu hamil karena dapat membawa zat gizi keseluruh tubuh dan janin.




7. Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang baik bagi ibu hamil adalah bayam, kailan, pakcoy.  Pada sayuran tersebut mengandung banyak nutrisi, vitamin A, C dan vitamin K. Vitamin tersebut berguna untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan bagi janin.


8. Daging Tanpa Lemak

Pada daging tanpa lemak memiliki banyak kandungan protein dan pastikan juga bunda saat memasak dalam kondisi benar-benar matang untuk menghindari toksoplasma, salmonela, dan bakteri listeria yang mungkin terkandung pada daging.




9. Buah

Buah banyak mengandung vitamin yang berguna bagi kesehatan ibu dan janin, membantu perkembangan dan pertumbuhan bagi ibu hamil loh bunda.


10. Susu

Untuk urusan minuman sebaiknya bunda banyak mengkonsumsi susu, karena pada susu terdapat prebiotik, probiotik, asam folat, kalsium dan zat besi yang bagus untuk perkembangan janin.

Belum ada Komentar untuk "10 Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel